6 Cara Menjadi Seorang Pemimpin

2014-08-23

Menjadi seorang mahasiswa akan menjadikan kamu seseorang yang lebih mandiri, disadari atau tidak kamu sudah mulai memasuki masa penjajakan kedewasaan dan mulai menata hidup kamu sendiri untuk masa depan kamu nanti. Pada masa kuliah akan membentuk kamu menjadi seorang "pemimpin" walaupun sebutan itu untuk diri kamu sendiri. Dalam berbagai hal, jiwa seorang pemimpin sangat diperlukan, apalagi jika kamu senang berorganisasi atau mengikuti berbagai klub / ekstrakurikuler. Berikut adalah 6 cara yang harus dilakukan untuk membuat kamu menjadi seorang pemimpin :

Aktif di Ekskul atau Organisasi

Sebagian besar orang-orang yang ikut dan aktif di Organisasi lebih mempunyai jiwa sosial yang sangat tinggi dan tentunya mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk menjadi seorang pemimpin. Cobalah untuk mengambil bagian penting saat akan mengadakan rapat atau briefing, seperti moderator atau notulen, aktif berbicara dan bisa mengatur sekian banyak orang akan menjadi penilaian tersendiri untuk menjadi seorang pemimpin.

Memperlihatkan Kemampuan

Dalam sebuah organisasi atau klub pastinya terdiri dari banyak orang dan berbagai sifat dan perilaku yang berbeda-beda. Untuk menjadi seorang pemimpin, kamu harus bisa memperlihatkan kemampuan dan niat dari dalam hati kamu untuk menjadi seorang pemimpin. Jadilah yang berbeda dan terbaik dari semua orang yang berada disitu, tunjukkan bahwa kamu mampu memimpin organisasi tersebut dengan semua yang kamu miliki.

Sebagai Motivator

Seorang Pemimpin haruslah orang yang bisa memotivasi orang lain, karena pada dasarnya ia menjadi sosok yang akan didengarkan semua kata-katanya. Jika kamu ingin menjadi seorang pemimpin dalam suatu tim atau organisasi,kamu harus bisa meyakinkan rekan se-tim kamu jika kamu bisa dengan semua kemampuan yang kamu miliki. Mungkin kamu bisa mencoba ide-ide kreatif yang ada, seperti mengadakan acara "charity" atau yang lain.

Melakukan Perubahan

Salah satu cara yang bisa membuat kamu dilirik untuk menjadi seorang pemimpin, adalah kamu bisa membuat perubahan ke arah yang lebih baik. Misalkan jika sedang mengadakan rapat untuk membuat suatu acara, kamu bisa menuangkan ide-ide yang menurut kamu bisa berhasil jika dilakukan dan apabila kamu berhasil meyakinkan anggota yang ada disana, dan pada akhirnya ide kamu berhasil, kamu bisa sangat dipuji dan mendapatkan kesempatan untuk menjadi seorang pemimpin.

Berinisiatif tinggi

Banyak hal yang diperlukan untuk menjadi seorang pemimpin, salah satu hal yang paling penting adalah, mempunyai inisiatif yang tinggi. Seorang pemimpin akan menjadi seorang panutan yang akan diperhatikan segala tingkah lakunya. Jika ada sesuatu hal apapun itu, walaupun kecil kamu harus bisa mengambil tindakan yang tepat tanpa harus disuruh atau menunggu perintah, itu akan menjadi hal yang dilihat jika hal yang kamu lakukan adalah benar dan sangat berinisiatif.

Berwibawa Tetapi Sederhana

Sudah menjadi keharusan bahwa seorang pemimpin haruslah berwibawa agar disegani, tetapi semua itu tidak akan berarti apapun jika kamu tidak bisa memberikan pengertian dan sikap yang sederhana. Dalam suatu organisasi, para anggotanya akan menyukai pemimpin yang bisa mendengarkan para anggotanya, tetapi tetap berwibawa. Nah untuk kamu yang ingin menjadi seorang pemimpin, tanamkanlah sifat dan sikap yang akan dibutuhkan oleh seorang pemimpin. Ingatlah bahwa pemimpin yang baik dan disegani adalah pemimpin yang tidak sombong dan mendengarkan anggotnya berbicara.