5 Hal Yang Menyebabkan Mahasiswa Stress Karena Dirinya Sendiri

2014-08-30

Memulai kehidupan baru sebagai seorang mahasiswa akan menjadi hal yang mungkin kamu idam-idamkan pada awalnya, terbayang akan menjadi seorang yang mulai memasuki dunia kebebasannya, yang menjadi proses awal kedewasaan. Tapi setelah menjalani empat semester awal, diantara kamu mungkin ada yang sudah merasa jenuh sampai menurun semangat untuk kuliah dan akhirnya menjadi stress karena diri kamu sendiri. Banyak mahasiswa yang terkadang melakukan kesalahan sendiri yang bisa membuatnya menjadi stress tetapi dia sendiri tidak menyadarinya. Hal apa sajakah itu? Kita lihat yuks.

1. Perfeksionis

Jika kamu termasuk tipe seseorang yang seperti ini, kamu harus pintar untuk mengontrol semua kegiatan dan emosi kamu. Jangan dijadikan sebuah beban jika apa yang sudah kamu rencanakan tidak sesuai dengan hasil yang kamu inginkan. Jangan terus mnyalahkan diri kamu sendiri, yang ada kamu bisa menjadi stress karena tekanan yang kamu buat sendiri, tetaplah optimis dan semangat untuk mencapai sesuatu yang sudah tertunda ini.

2. Negatif Thinking

Sesuatu yang ada didalam kepala kamu akan sangat mempengaruhi pandangan Anda tentang kehidupan, jika kamu selalu melihat sesuatu dari segi negatifnya dahulu, itu akan sangat mempengaruhi pandangan kamu tentang kehidupan, dan akan berpengaruh buruk terhadap kesehatan kamu juga. Cobalah untuk membiasakan percaya dan berpositif thinking dalam hal apapun, jika seandainya itu sulit, kamu bisa mencobanya dari hal kecil, karena pada akhirnya akan berpengaruh besar untuk kehidupan kamu ke depan.

3. Menunda Istirahat

Ini merupakan salah satu kebiasaan buruk yang sering mahasiswa lakukan, karena terlalu banyak tugas atau kegiatan yang sedang diikuti, kamu jadi sering melupakan waktu istrahat kamu atau kalaupun waktu itu ada, kamu akan melewatkannya untuk tetap mengerjakan sesuatu yang menurut kamu 'tanggung'. Dengan kurangnya waktu istirahat, bisa merubah semua yang harusnya dilakukan, dan dampak dari itu semua adalah, kamu bisa stress sampai sakit. Jadi hindari kebiasaan seperti ini ya!

4. Pengaturan yang salah

Mungkin pada awalnya kamu merasa telah benar menyusun jadwal kuliah kamu dan sktifitas yang lainnya, tetapi setealh dijalani, ternyata semua yg telah kamu tulis, hampir tidak terjadi dengan tepat, ini bisa terjadi karena jadwal kuliah kamu yang molor atau ada temabahan kegiatan yang lain. Semua yang terjadi pada akhirnya akan mengakibatkan pola kebiasaan kamu akan berubah begitu pula dengan pola makan dan tidur. Hal ini bisa menyebabkan stress yang mungkin pada awalnya tidak kamu sadari.

5. Obsesi Berlebihan

Kalian mempunyai sebuah Obesesi itu wajar, apalagi obsesi kamu agar bisa menjadi Mahasiswa yang berprestasi dan menghasilkan nilai yang baik. Tetapi ingat, jangan sampai obsesimu itu membuat kamu menjadi terbebani dan akhirnya kamu bisa jatuh sakit atau sampai stress. Jagalah obsesi kamu itu dengan wajar, jadikan itu sebagai motivasi yang akan memacu kamu untuk melakukan yang lebih baik lagi. Tetap Semangat ya!