Time Management Yang Baik

2014-08-30

Tidak bisa dipungkiri, dalam kehidupan sehari-hari mahasiswa juga memiliki aktivitas lain selain kuliah di kampus seperti main futsal, ikut UKM, join dengan kegiatan kerohanian, kerja part time, dll. Semua kegiatan tersebut berjalan beriringan dengan tugas/quiz maupun ujian di perkuliahan. Jika aktivitas itu berbentrokan, maka yang terjadi adalah hasil yang kurang optimal baik untuk kuliah (hasil KHS yang kurang memuaskan) ataupun aktivitas lain.

Nah, bagaimana caranya supaya kegiatan tersebut bisa berjalan beriringan dengan perkuliahan namun tidak mengganggu prestasi akademik? Jawabannya adalah Time Management yang baik.

Time Management merujuk pada keahlian, alat-alat dan teknik yang digunakan untuk me-manage waktu ketika menyelesaikan tugas, projek atau target tertentu. Untuk lebih bisa menerapkan mengenai Time Management, simaklah beberapa tips Time Management di bawah ini :

Mulai setiap semester dengan membuat jadwal/perencanaan

Buatlah jadwal selama satu semester yang berisi seluruh kegiatan (kuliah, kerja part time, kegiatan olahraga, kegiatan rohani, kegiatan musik, dsb) selama 6 bulan ke depan. Jadwal dapat digunakan dengan menggunakan kertas atau menggunakan program tertentu (misal dengan menggunakan MS Excel).

Tentukan waktu dan tempat untuk belajar 

Dengan tempat dan waktu belajar yang rutin, pada akhirnya mahasiswa akan terbiasa/terprogram dengan ‘sekarang waktunya belajar’ dan ‘ini tempat saya belajar’.

Gunakan waktu belajar di siang hari jika memungkinkan.

Bagi sebagian besar orang, pengerjaan tugas di siang hari akan lebih efektif dibandingkan di malam hari.

Gunakan agenda atau organizer

Hal ini berguna untuk mencatat setiap semua tugas yang perlu diselesaikan

Istirahat (gunakan jeda waktu)

Sebaiknya tidak belajar dalam sesi yang panjang/secara maraton. Sesi 50 menit akan lebih efektif dibandingkan dengan sesi yang panjang.

Jika memungkinkan, buatlah jadwal belajar berkelompok

Fokus dengan tujuan awal (untuk belajar) dan bukan bersosialisasi.

Jadwalkan mempelajari tugas/mengerjakan materi yang paling sulit pada saat sepenuhnya terjaga

Kalkulus/ Algoritma akan lebih mudah dipahami ketika kondisi badan benar-benar segar kan?

Buat Checklist Harian

Tentukan prioritas dan kerjakan tugas yang paling penting segera.

Resource : http://www.mtsu.edu/~studskl/tmths.html