4 Kesalahan saat Memilih Perguruan Tinggi

2014-09-06

Saat kelulusan Sekolah Menengah Atas sudah didepan mata, apa yang akan kamu lakukan? Satu hal yang pasti kamu lakukan adalah mencari perguruan tinggi yang akan menjadi tempat kamu selanjutnya untuk menuntut ilmu. Dalam memilih perguruan tinggi, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dan disini kami akan membahas 5 kesalahan yang kamu lakukan saat memilih perguruan tinggi, hal apa sajakah itu?

Merasa tidak mampu

Berada di sebuah Universitas yang terkenal dengan kepintaran mahasiswanya, tentu menjadi impian hampir semua mahasiswa, mungkin termasuk kamu. Walaupun kamu harus berhadapan dengan ribuan calon mahasiswa yang lain, kamu harus tetap mencobanya dahulu. Ada sebagian dari kamu yang berpikiran untuk menyerah sebelum mencobanya karena merasa tidak mampu atau sejajar dengan yang lainnya. Jauhkanlah pikiran-pikiran seperti itu, yakinlah kalau kamu mampu dan sama dengan yang lainnya. Kamu tidak akan pernah tahu hasilnya jika belum mencobanya, jika seandainya nanti kamu gagal, setidaknya kamu sudah berani mencoba dan berusahah utnuk bisa masuk Univrsitas favorit kamu.

Tidak Teliti

Dalam memilih Universitas yang akan kamu pilih, hal yang harus kamu lakukan adalah teliti dan cermat dengan semua ketentuan atau apa saja yang terdapat di Universitas tersebut. Kamu harus mengetahui pasti tentang semua hal yang ada di Universitas yang kamu inginkan, dan yang pasti kamu harus banyak tanya untuk mengetahui apa saja yang kamu ingin tahu, jadi tidak hanya mengandalkan brosur atau iklan yang sudah sering kamu dengar. Jangan sampai kamu salah mengartikan informasi yang tertera di brosur atau yang lainnya dan pada akhirnya kamu akan kecewa. Ingat ya, kamu harus membiasakan teliti dalam membaca suatu informasi.

Mengikuti Teman

Masa kuliah adalah masa dimana kamu akan memulai proses pendewasaan, karena semua yang kamu hadapi sekarang benar-benar menjadi tanggung jawabmu sendiri. Oleh karena itu, kamu harus membiasakan untuk mengambil keputusan berdasarkan yang kamu inginkan, bukan hanya karena ikut-ikutan dengan teman sepermainan atau sahabat kamu, karena belum tentu lho yang dipilih teman kamu itu baik untuk kamu, mungkin saja itu cocok dengan dia, tetapi beda dengan jurusan yang kamu inginkan bukan?

Karena Paksaan

Memilih Perguruan Tinggi dan jurusan yang tepat mungkin menjadi hal yang akan sangat menyita waktu kamu saat menjelang kelulusan, hal ini merupakan hal yang penting karena kamu harus benar-benar tahu apa yang kamu inginkan, jangan mengacu pada teman sepermainan kamu ataupun karena dorongan dari Orang Tua kamu untuk melanjutkan kuliah di salah satu perguruan tinggi yang sebenarnya kamu tidak suka. Cobalah untuk berbicara baik dengan Orang Tua kamu, dan memberi penjelasan apa yang benar-benar kamu inginkan dari lubuk hati kamu yan paling dalam. Jangan hanya karena paksaan Orang Tua atau teman, kamu mengikutinya tetapi akhirnya nanti kamu menyesal.