Tips yang Diperlukan untuk Mendapatkan Beasiswa

2014-09-06

Beasiswa saat ini sedang marak di Universitas-universitas untuk merebut hati para calon mahasiswa. Beasiswa atau scholarship sangat diperlukan bagi calon mahasiswa yang mempunyai prestasi akademis yang memuaskan dan ingin melanjutkan ke perguruan tinggi tetapi tidak mempunyai dana yang cukup. Tidak semua universitas mengadakan program beasiswa, untuk itu kamu harus usaha dengan keras untuk bisa mendapatkan beasiswa yang kamu inginkan di Universitas dengan akreditasi yang baik. Berikut kami berikan tipsnya :

Persiapan

1. Menyusun melanjutkan atau daftar referensi, penghargaan, sekolah dan kegiatan masyarakat, dan pengalaman kerja, dan selalu memperbaruinya. Itu akan menghemat waktu ketika kamu dikejar deadline.

2. Berbicara tentang tenggat waktu, jangan menganggap bahwa semua beasiswa swasta memiliki tanggal jatuh tempo yang sama. Kamu harus melihat detai tentang hal ini.

3. Biasanya kamu akan meminta beberapa guru untuk menulis beberapa rekomendasi. Pastikan untuk memberi mereka waktu yang cukup untuk menulis rekomendasi tersebut. Jika sudah selesai, buatlah catatan khusus untuk mengucapkan terima kasih pada mereka.

4. Mulailah mencari informasi tentang beasiswa dari sekolah kamu sendiri, periksa lagi aplikasi yang akan kamu ajukan sudah sesuai dengan yang dibutuhkan.

Riset

5. Simpanlah file apapun seperti kliping, potongan, dan print-an tentang beasiswa yang kamu dapat saat mencari di situs-situs website.

6. Ketika melamar perguruan tinggi atau universitas beasiswa akademik, usahakan untuk menjadi yang pertama untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan. Temukanlah nilai rata-rata SAT dan IPK para mahasiswa baru dan kamu bisa membandingkannya sendiri.

7. Bertanyalah kepada semua orang yang tahu tentang info beasiswa tersebut. Semakin banyak info yang kamu ketahui, semakin besar peluang kamu untuk mendapatkan beasiswa tersebut bukan?

8. Kelompok masyarakat dan organisasi etnis di lingkungan Anda juga bisa menjadi sumber yang bagus untuk membantu Anda menemukan uang. Contoh : kamu bisa mulai mengadakan event dengan latar belakang charity (beramal).

Semoga Sukses ya!